Pentingnya PBF bagi Kesuksesan Bisnis Apotek Anda

Hai, Swipers! Sebagai seorang apoteker, tentunya Anda sudah familier dengan istilah PBF. PBF adalah singkatan dari Pedagang Besar Farmasi, yang memiliki peranan penting dalam pendistribusian obat ke apotek-apotek. Artinya, PBF merupakan penghubung hingga obat sampai di tangan apoteker. Simak fungsi PBF selengkapnya berikut. 

PBF merupakan Tali Penghubung antara Pabrik Obat dan Distributor Obat

PBF atau Pedagang Besar Farmasi yang merupakan perusahaan berbentuk badan hukum dan memiliki izin untuk melakukan pengadaan, penyimpanan, dan juga penyaluran obat dan juga bahan obat dalam jumlah besar dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kepanjangan PBF ini diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1148/Menkes/Per/VI/2011.

Terdapat juga istilah PBF cabang, yang merupakan cabang PBF yang sudah mengantongi izin untuk melakukan pengadaan, penyimpanan, penyaluran obat dan juga bahan obat dengan jumlah yang besar, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Peran PBF di Industri Farmasi

Secara singkat, PBF memiliki peran sebagai penghubung antara dua pihak yang penting dalam industri farmasi, yaitu Pabrik dan juga distributor obat. Setelah itu, terdapat juga beberapa fungsi dari PBF dalam kegiatan pendistribusian obat, antara lain:

  • Melakukan Pengadaan dan Penyimpanan Obat

Setelah melalui proses produksi dari pabrik, obat akan disimpan terlebih dahulu sebelum diedarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Maka daripada itu, diperlukan suatu tempat terpusat yang digunakan untuk mempermudah proses penyimpanan, pengiriman, dan juga penyediaan obat yang telah diproduksi. PBF bertanggung jawab sebagai penyedia tempat sentral penyimpanan obat.

Di dalam pusat penyimpanan obat ini, terdapat seorang apoteker penanggung jawab yang dapat memastikan penyimpanan dan juga distribusi obat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adanya apoteker penanggung jawab ini dapat meminimalisir risiko penyebaran obat-obatan palsu dalam usaha apotek.

  • Sebagai Distributor ke Fasilitas Kefarmasian

Tidaklah mudah untuk mendapatkan obat secara langsung dari pabrik produksi obat langsung ke apotek. Maka daripada itu, PBF berfungsi sebagai penyalur obat-obatan, yang membantu untuk memudahkan setiap fasilitas-fasilitas kefarmasian, termasuk apotek untuk mendapatkan suplai obat-obatan secara teratur.

Adanya kontrol ketat dari sertifikasi CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik) dapat menjamin kualitas obat yang didistribusikan oleh sebuah PBF. Terdapat juga aturan hukum yang secara tegas mengatur operasi distribusi dari PBF, yang meningkatkan kemungkinan terjadinya jaringan distribusi usaha obat-obatan yang sehat. 

Prosedur PBF Menjalankan Bisnisnya

Untuk menghindari kerugian besar akibat adanya kesalahan dalam penyimpanan produk, maka terdapat prosedur khusus yang mengatur PBF dalam menjalankan usahanya. Salah satu prosedur usaha PBF adalah perhatian secara khusus terhadap tanggal kedaluwarsa produk. PBF menjalankan prosedur first expired, first out yang diterapkan dalam sistem penyimpanan produk obat-obatan oleh PBF. 

Prinsip first expired, first out ini bekerja dengan menjual produk yang sudah mendekati masa kedaluwarsa terlebih dahulu, sehingga dilakukan pengelompokkan obat-obatan berdasarkan tanggal kedaluwarsa di gudang-gudang PBF. 

Setelah itu, terdapat juga prosedur PBF di bidang pengiriman, dengan menerapkan prinsip CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik). Pada umumnya, PBF dapat melakukan pengiriman secara langsung jika memiliki tim pengiriman tersendiri, ataupun dapat  juga memanfaatkan layanan dari pihak ketiga. 

Pada dasarnya, cara kerja bisnis PBF tidak berbeda dengan bisnis lainnya. Jika diringkas, bisnis PBF ini meliputi proses pengadaaan, penyimpanan, dan juga pengiriman obat-obatan.

Kredibilitas PBF Penting untuk Usaha Apotek Anda!

Melalui penjelasan ini, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa PBF memiliki peranan yang sangat penting terhadap kualitas obat yang akan diterima oleh apotek. Para pelaku usaha apotek harus memperhatikan kredibilitas dari PBF yang menjadi distributor dari obat-obatan yang akan dijual. Jika Anda menjadi mitra dari SwipeRx Belanja, maka Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas PBF yang memasok obat-obatan yang akan didistribusikan ke apotek Anda. SwipeRx hanya mendistribusikan produk-produk original dari PBF terpercaya. Kredibilitas PBF dari SwipeRx Belanja dapat menjamin bahwa obat yang akan Anda terima tidak hanya 100% original, namun lewat aplikasi SwipeRx, Anda juga dapat menikmati bebas stock out, bebas ribet, dan juga lengkap sampai ke apotek Anda. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai SwipeRx Belanja.

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy