Tips Usaha Apotek Jadi Lebih Modern dan Mengikuti Zaman

Halo Swipers! Seiring perkembangan zaman, berbagai sektor usaha telah mengalami modernisasi yang sangat pesat, tidak terkecuali usaha apotek. Coba cek, seberapa modern usaha apotek Anda sudah mengikuti tren perkembangan zaman? Sudahkan Anda menggunakan channel pembayaran cashless terkini? Sudahkah apotek Anda mengimplementasikan sistem POS?

Nah, dari cara-cara modernisasi apotek ini, apakah Anda sudah memahami bagaimana tahapan dan cara kerjanya? Apakah Anda juga sudah mengetahui biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan modernisasi apotek ini? Yuk, simak artikel SwipeRx Belanja ini yang akan memberikan Anda kiat-kiat untuk membuat usaha apotek Anda menjadi modern tanpa merogoh kocek yang dalam.

Gunakan Channel Pembayaran Terkini

Perkembangan teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini menciptakan berbagai inovasi untuk mempermudah transaksi antara pembeli dengan penjual, yang salah satunya adalah e-wallet. E-wallet atau dompet digital merupakan layanan elektronik yang berfungsi sebagai instrumen pembayaran dalam bentuk digital.

Dengan e-wallet, para penggunanya dapat menyimpan uang dalam bentuk digital dan melakukan berbagai transaksi keuangan, baik secara online dan juga offline. Karena kemudahan yang ditawarkan oleh e-wallet ini, makin banyak orang yang keluar dari rumah tanpa membawa uang tunai, atau disebut sebagai perilaku cashless.

Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan bermitra bersama perusahaan-perusahaan penyedia layanan e-wallet. Agar konsumen Anda dapat membayar obat dengan e-wallet, Anda perlu memiliki perangkat Point Of Sale (POS) dari masing-masing perusahaan penyedia jasa e-wallet

Jika Anda merasa bahwa proses bermitra dengan merchant penyedia sistem POS terlalu rumit, Anda dapat memanfaatkan media pembayaran e-wallet yang lebih sederhana, yaitu QRIS. Anda tentunya pernah melihat QR Code yang dapat dipindai untuk menyelesaikan transaksi pembayaran, bukan? Nah, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan penyatuan dari berbagai macam sistem pembayaran QR dari masing-masing perusahaan penyedia jasa e-wallet yang beroperasi di Indonesia.

Untuk mendapatkan QR Code sebagai media pembayaran dengan QRIS, Anda dapat melakukan registrasi melalui www.qris.id. Anda akan mendapatkan QR yang terintegrasi dengan rekening bank Anda, dan Apotek Anda pun dapat melayani pembayaran secara digital. Transaksi yang terjadi pada usaha Apotek menjadi lebih mudah dan dapat tercatat secara real-time.

Terapkan Sistem POS untuk Manajemen Stok Apotek

Point of Sales atau POS pada awalnya merupakan tempat pembayaran pelanggan untuk membeli suatu produk yang berbentuk mesin, telepon pintar, tablet, dan juga mesin EDC. Setelah melalui berbagai perkembangan dan penyempurnaan, fitur POS pun bertambah dari sekadar media pembayaran saja, menjadi sistem yang dapat menyimpan data customer, menghitung laba dan rugi suatu usaha, dan juga berfungsi merekap laporan penjualan. Anda juga bisa mengontrol stok obat usaha apotek Anda, karena sistem POS ini memungkinkan Anda untuk mencatat barang masuk dan keluar secara otomatis.

Anda dapat bermitra dengan perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa POS di Indonesia untuk diimplementasikan pada usaha apotek Anda. Berapa biayanya? Sistem POS terbilang cukup terjangkau, dengan harga jasa yang paling murah mulai dari Rp299.000. Sistem POS ini juga memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan pembayaran karena sudah terintegrasi dengan sistem e-wallet, kredit digital, dan juga kartu debit/kredit bank. Biasanya, setiap transaksi melalui sistem POS akan dikenakan biaya yang berkisar antara 0,15% sampai dengan 2%.

Manfaatkan Media Sosial sebagai Instrumen Pemasaran

Manusia modern pada masa kini sudah tidak dapat dipisahkan dari eksistensi media sosial. Pemasaran melalui media sosial, atau yang disebut social media marketing, efektif dalam menjaring audience yang kita inginkan. Tentu saja, Anda juga dapat memasarkan bisnis apotek Anda melalui media sosial.

Dalam melakukan pemasaran di  media sosial, Anda perlu membuat akun media sosial terlebih dahulu. Media sosial yang sedang populer, antara lain TikTok, Instagram, YouTube, dan juga Facebook. Setelah membuat akun media sosial, Anda dapat mulai membuat konten untuk memperkenalkan apotek Anda beserta Unique Selling Point (USP) atau Nilai Jual Unik (NJP) dari usaha apotek Anda. Kemudian, algoritma dari media sosial tersebut akan mengangkat konten Anda ke audience yang relevan, sehingga apotek Anda akan dikenal oleh lebih banyak orang.

Agar Anda dapat mengembangkan bisnis apotek Anda melalui media sosial dengan lebih masif, Anda dapat menonton Episode 4 APLIKASI PERMUDAH BIKIN KONTEN SOSMED KAMU di kanal YouTube SwipeRx Indonesia. Swipereneur sendiri merupakan salah satu segmen di kanal YouTube SwipeRx Indonesia yang akan membekali pemilik apotek maupun apoteker dengan beragam ilmu untuk mengembangkan bisnis apotek Anda. Jadi jangan ketinggalan informasi-informasi yang insightful untuk apotek Anda di Swipeneurs, ya!

Gunakan Aplikasi untuk Mendukung Stok Apotek

Swipers, zaman yang serba canggih ini juga memungkinkan kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan hanya melalui telepon pintar saja. Aplikasi-aplikasi yang terdapat pada telepon pintar inilah yang dapat menjawab setiap kebutuhan kita, salah satunya kebutuhan di bidang kefarmasian. Terdapat banyak sekali aplikasi di bidang kefarmasian yang Anda dapat gunakan untuk membuat apotek Anda menjadi lebih modern, seperti aplikasi SwipeRx.

Dengan aplikasi SwipeRx, Anda dapat mengisi stok obat-obatan di apotek Anda hanya dengan sentuhan jari. Obat-obatan yang Anda butuhkan akan sampai ke apotek Anda tanpa ongkos kirim, lho! SwipeRx juga menjamin obat yang Anda ingin pesan bebas stock out. Dengan aplikasi SwipeRx juga, Anda akan mendapatkan pengetahuan terkait ilmu kefarmasian, kiat-kiat untuk membuat bisnis apotek menjadi sukses, dan bahkan, Anda dapat terhubung dan berkomunikasi dengan apoteker profesional lainnya di seluruh Indonesia. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi SwipeRx dan pelajari lebih lanjut di sini.

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy