3 Media Sosial Ini Bisa Membuat Bisnis Apotek Anda Melejit!

Hai, Swipers. Tidak dapat dipungkiri kalau media sosial pada masa kini sangatlah powerful dalam segi pemasaran. Penggunaan media sosial untuk melakukan pemasaran terhadap suatu produk dan jasa disebut sebagai social media marketing. Hanya dengan social media marketing, Anda dapat membuat bisnis Apotek yang Anda miliki diketahui lebih banyak orang. Maka sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan emas ini, terlebih setiap harinya, makin banyak orang yang terhubung ke media sosial.

Namun dari banyaknya media sosial yang ada, apakah Anda mengetahui media sosial apa saja yang tepat untuk memasarkan bisnis Apotek Anda? Apakah Anda juga sudah mengetahui bagaimana cara untuk memasarkan bisnis Apotek Anda di masing-masing media sosial ini? Yuk simak artikel ini yang akan membahas 3 media sosial penting untuk memasarkan bisnis Apotek Anda.

TikTok

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat, mengedit, dan membagikan video pendek, dan dilengkapi dengan fitur filter dan juga sound sebagai pendukung. Aplikasi ini sedang naik daun karena penggunanya dapat menonton video-video pendek yang sesuai dengan preferensi mereka di halaman yang disebut sebagai For You Page atau FYP.  

Cara kerja aplikasi TikTok juga terbilang unik. Setiap konten yang Anda telah buat memiliki kesempatan untuk dilihat oleh banyak orang. Algoritma yang diciptakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence-lah yang akan membawa konten Anda untuk ditonton ke audiens yang lebih luas. Inilah yang membuat TikTok sempurna untuk memasarkan bisnis Apotek Anda.

Anda dapat memulai membuat konten TikTok mengenai bisnis Apotek Anda. Pertama-tama, Anda perlu melakukan riset dari sound yang sedang trending. Popularitas sound akan menambah peluang video Anda masuk For You Page dari calon audiens Anda. Setelah itu, Anda dapat membuat video mengenai Unique Selling Point atau Nilai Jual Unik dari Apotek Anda dengan sound tersebut. Pastikan kualitas video dan teknik pengambilan video baik, sehingga makin banyak audiens yang akan menonton video Anda sampai habis.

Upload konten tersebut dan tunggu beberapa saat sampai konten Anda masuk For You Page banyak orang. Anda juga dapat menjual obat-obatan yang dibarengi dengan membuat konten dengan fitur TikTok Shop. Angka transaksi di TikTok Shop juga terbilang tinggi, karena penggunanya dapat menonton konten sambil berbelanja dengan button “Keranjang Kuning”. Yuk dicoba, Swipers!

Instagram

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan media sosial satu ini, karena Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di seluruh dunia. Instagram memungkinkan Anda untuk membagikan foto, video dengan fitur Instagram Feeds, dan aktivitas sehari-hari Anda dengan Instagram Stories. Bahkan, Instagram memiliki fitur reels, yang merupakan platform berbagi video pendek untuk menyaingi TikTok.

Anda dapat memaksimalkan berbagai fitur di Instagram untuk memasarkan bisnis Apotek Anda. Pertama-tama, Anda dapat membuat konten menarik yang diunggah pada Instagram Feeds akun usaha Anda. Konten tersebut dapat berupa gambar desain grafis mengenai berbagai topik terkait dunia kefarmasian, hingga video singkat yang mengangkat keunikan dari bisnis Apotek Anda.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan fitur Instagram Stories untuk mendekatkan diri dengan pengikut akun Instagram bisnis Apotek Anda. Di fitur Instagram Stories tersebut, Anda dapat bermain dengan fitur stickers bersama dengan audiens Anda, bercerita di dalam ruang lingkup farmasi, dan bahkan menginformasikan promo yang sedang berlangsung di Apotek Anda. Menarik, bukan?

Facebook

Beberapa di antara Anda pasti berpikiran kalau Facebook sudah tidak terlalu digunakan oleh banyak pengguna media sosial. Ternyata di Indonesia, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya, lho! Di bulan Januari 2022, tercatat ada 129,85 juta orang Indonesia yang masih menjadi pengguna aktif Facebook, dan bahkan jumlah pengguna aktif Facebook di Indonesia terbesar ke 3 di dunia! Tentunya hal ini dapat menjadi peluang pemasaran yang menjanjikan untuk Anda.

Pemasaran melalui Facebook dapat dimulai dengan membuat konten-konten menarik di profil Facebook Anda. Pastikan bahwa konten yang Anda buat mengangkat Nilai Jual Unik dari bisnis Apotek yang sedang Anda geluti. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda dapat mengiklankan konten yang telah Anda buat itu dengan fitur Facebook Ads.

Dengan menaruh kredit, konten Anda akan disebarluaskan ke audiens yang lebih luas, sehingga tingkat awareness bisnis Apotek Anda pun makin tinggi. Anda juga dapat menjual obat-obatan di dalam platform Facebook Marketplace, yang menjadi tempat untuk menjual barang dan jasa di Facebook. Tingkat transaksi jual beli di Facebook Marketplace terbilang tinggi, jadi jangan ketinggalan peluang ini ya, Swipers!

 

Itu dia Swipers media sosial yang akan mengangkat bisnis Apotek Anda. Manfaatkan segudang fitur yang dimiliki oleh masing-masing media sosial, sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan kepada para audiens menjadi efektif. Jika Anda ingin mengetahui media sosial lainnya yang penting untuk pemasaran bisnis Apotek Anda, yuk tonton Episode 4 Media Sosial Paling Populer di Indonesia, Ada Contohnya Buat Apotek Kamu di Kanal YouTube SwipeRx. Video ini berada pada segmen Swipreneur, yang akan membekali pemilik Apotek maupun Apoteker dengan beragam ilmu untuk mengembangkan bisnis Apotek Anda. Jadi jangan ketinggalan informasi-informasi yang insightful untuk Apotek Anda di Swipreneur, ya!

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy