Strategi Pemasaran Apotek Secara Offline dan Online untuk Apotek Anda

Halo, Swipers. Seiring berjalannya zaman, pengusaha memiliki banyak sekali pilihan dan cara untuk memasarkan usahanya. Jenis pemasaran yang memang paling banyak digunakan pada masa kini adalah pemasaran secara offline dan online. Pemasaran secara offline sendiri merupakan salah satu jenis pemasaran yang dilakukan secara langsung, yang mana produsen dan juga konsumen saling bertemu di suatu tempat agar transaksi jual beli dapat terjadi. Sedangkan, pemasaran secara online merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan berbagai instrumen digital, seperti website, media sosial, dan sebagainya, yang dilakukan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Kedua jenis pemasaran ini dapat dipraktikkan sebagai strategi pemasaran apotek Anda.

Mungkin sebagai seorang pengusaha apotek, Anda masih bingung perbedaan dan strategi pemasaran apotek apa saja yang dapat dilakukan secara offline dan online. Jangan khawatir, Swipers! Dengan membaca artikel ini sampai habis, Anda akan mengetahui perbedaan-perbedaan pada pemasaran secara offline dan online, dan juga cara untuk melakukan pemasaran usaha apotek Anda dari masing-masing jenis pemasaranan. Yuk simak selengkapnya!

Cara Pemasaran Apotek secara Offline dan Online

  • Strategi Pemasaran Apotek Offline

Swipers, terdapat banyak cara mudah untuk melakukanstrategi pemasaran apotek Anda secara offline. Salah satunya dengan memasang spanduk di depan Apotek Anda. Spanduk tersebut dapat berisikan nama apotek\, tagline, nomor telepon, hingga akun media sosial Apotek Anda. Dengan begitu, konsumen yang datang ke apotek Anda bisa menyimpan nomor telepon apotek Anda dan bahkan mem-follow akun media sosial apotek Anda.

Setelah itu, Anda juga dapat membagikan brosur-brosur yang mengiklankan nilai lebih dari usaha apotek Anda. Anda juga bisa menaruh informasi-informasi penting terkait usaha apotek Anda, antara lain nomor telepon, akun media sosial, dan lokasi dan cara untuk menuju apotek Anda. Namun yang perlu diingat, strategi pemasaran dengan spanduk dan brosur ini hanya efektif di lingkungan sekitar apotek Anda. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, Anda pun dapat melakukan strategi pemasaran apotek online.

  • Strategi Pemasaran Apotek Online

Pemasaran apotek secara online dapat menjadi pilihan jika Anda ingin keberadaan dan nilai lebih dari usaha apotek Anda diketahui lebih luas. Cara pertama dan yang paling mudah untuk melakukan pemasaran apotek secara digital adalah dengan social media marketing. Ini merupakan salah satu teknik pemasaran yang memanfaatkan media sosial agar usaha apotek Anda diketahui lebih banyak orang.

Langkah yang paling umum dilakukan pada social media marketing adalah membuat akun media sosial apotek dan membuat konten-konten menarik mengenai dunia farmasi dan kesehatan. Untuk mengetahui mengenai social media marketing lebih lanjut, Anda dapat baca di sini.

Setelah itu, Anda juga dapat beriklan secara digital. Sekarang, sudah banyak media yang dapat menjadi tempat Anda beriklan secara digital, seperti melalui Search Engine Marketing (SEM) jika iklan Anda ingin tampil di daftar pencarian Google, Google Display Network jika Anda ingin iklan Anda muncul di halaman Website, serta Meta Ads Manager dan TikTok Ads Manager jika iklan Anda ingin muncul di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Beriklan secara digital tentu memiliki berbagai kelebihan, utamanya kemampuan untuk menjangkau audiens secara lebih luas, namun dengan harga yang lebih murah dibanding beriklan secara offline. Tak ayal jika beriklan secara digital masih menjadi primadona bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya.

Upaya Pengenalan Brand Apotek secara Offline dan online

Untuk mengenalkan usaha apotek kepada masing-masing audience, strategi pemasaran apotek secara offline dan online memiliki pendekatan yang berbeda juga. Berikut merupakan masing-masing perbedaannya.

  • Pengenalan Brand secara Offline

Jika Anda ingin melakukan strategi pemasaran apotek secara offline, reputasi dan kredibilitas dari brand suatu apotek sangat diperhatikan. Maka dari itu ketika Anda melakukan pemasaran secara offline, maka Anda perlu menekankan berbagai nilai plus dari usaha apotek Anda, dan juga berbagai jaminan yang Anda dapat berikan kepada calon konsumen Anda. Yang paling penting, Anda juga perlu memastikan pelayanan Anda kepada konsumen Apotek Anda sudah prima, sehingga reputasi dari apotek Anda pun terangkat. Dengan begitu, pelanggan yang melihat iklan Anda pun tertarik untuk membeli obat-obatan dan berbagai hal lainnya.

  • Pengenalan Brand secara Online

Behavior dari target audiens pada pemasaran secara online lumayan berbeda dengan target audiens pemasaran offline. Secara online, audiens Anda lebih tertarik terhadap harga yang terjangkau, sehingga mereka cenderung gemar membandingkan harga dan mencari promo menarik.

Berkaca dari hal ini, Anda dapat menekankan promo menarik yang sedang berlangsung di apotek Anda. Anda juga dapat memasarkan produk di apotek Anda yang lebih murah dari apotek-apotek lainnya. Dengan begitu, target audiens dari pemasaran digital Anda pun akan lebih tertarik untuk membeli obat di apotek Anda dibandingkan apotek lainnya yang menjual produk dengan harga yang lebih mahal.

 

Swipers, itu dia perbedan dan juga cara untuk menerapkan strategi pemasaran apotek secara offline dan online. Walaupun memiliki beberapa perbedaan. Kedua strategi pemasaran ini punya tujuan yang sama, yaitu membawa usaha apotek Anda menuju kesuksesan.

Sama seperti strategi pemasaran, memenuhi sediaan apotek juga dapat dilakukan secara offline dan online. Jika Anda ingin memesan stok obat-obatan secara online, aplikasi SwipeRx dapat menjadi jawaban dari keinginan Anda. Dengan menggunakan fitur SwipeRx Belanja, Anda bisa memesan sediaan apotek Anda hanya dengan sentuhan jari. Anda juga bisa mendapatkan cuan lebih banyak karena semua sediaan apotek dikirim dengan gratis ongkos kirim! Anda juga bisa mengikuti misi bulanan dan mendapatkan kesempatan untuk mendapat berbagai hadiah menarik, seperti voucher dan emas! Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi SwipeRx di Google Playstore dan App Store. Klik di sini untuk mengetahui SwipeRx Belanja lebih lanjut.

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy