Hari Diabetes Sedunia, Yuk Kenali Sejarahnya

Halo, Swipers! Tahukah Anda tentang penyakit gula? Penyakit gula atau biasa disebut sebagai penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka panjang. Seseorang yang mengidap penyakit ini akan mengalami peningkatan kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh hingga melebihi batas normal.

Penyakit ini juga terjadi ketika tubuh pengidapnya sudah tidak mampu lagi untuk mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Akhirnya, terjadi penumpukan gula ekstra dalam aliran tubuh. Untuk itu, dalam rangka mendukung pengidap penyakit diabetes dalam jangka panjang, setiap tahunnya tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Penyakit Diabetes Sedunia. 

Mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya, Hari Penyakit Diabetes Sedunia di tahun 2022 akan bertema ‘pendidikan untuk melindungi hari yang akan datang’. Hari Penyakit Diabetes Sedunia ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi yang dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia yang mengidap penyakit diabetes setiap harinya. Selain itu, hari ini dimaksudkan untuk menarik masyarakat agar memiliki gaya hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup sedentari.

Hari Penyakit Diabetes Sedunia diinisiasi oleh International Diabetes Foundation (IDF). Walaupun begitu, di Indonesia sendiri kampanye ini dipimpin oleh Kementerian Kesehatan Indonesia lho, Swipers! Nah, sekarang sudah tahu kan tentang penyakit diabetes dan hari besar di tanggal 14 November? Lebih jauh, yuk kita intip sejarah lahirnya Hari Penyakit Diabetes Sedunia!

Sejarah Tercetusnya Hari Penyakit Diabetes Sedunia

Hari Penyakit Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) yang diperingati setiap tanggal 14 November pada dasarnya diciptakan sesuai dengan tanggal kelahiran Sir Frederick Banting sang penemu insulin, lho Swipers! Sejalan dengan itu, International Diabetes Federation (IDF) bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada pertama kalinya di tahun 1991 mencetuskan Hari Penyakit Diabetes Sedunia. Dicetuskannya hari ini merupakan tanggapan atas keprihatinan terhadap penyakit diabetes yang terus berkembang dan menjadi salah satu penyakit yang secara serius mengancam kesehatan masyarakat.

Pada tahun 2006, Hari Penyakit Diabetes Sedunia menjadi hari resmi PBB. Hari ini juga kerap dijadikan sebagai pengingat bahwa upaya untuk mencapai kesehatan seluruh masyarakat akan tercapai apabila seluruh komponen bangsa ikut bermain peran dalam meningkatkan kesehatan. Wah, menarik sekali ya, Swipers!

Anda Dapat Berkontribusi dengan Terhindar dari Penyakit Diabetes

Anda juga dapat merayakan Hari Penyakit Diabetes Sedunia dengan tetap menjaga kesehatan, Swipers! Pada 2019, International Diabetes Federation (IDF) menyatakan sebanyak 351,7 juta orang dengan rentang usia 20-64 tahun dan 704,4 juta orang dengan rentang usia 65-99 tahun menderita penyakit diabetes. Untuk itu, mari mulai jaga kesehatanmu agar terhindar dari penyakit diabetes!

Menjaga berat badan menjadi salah satu upaya untuk mencegah Anda dari penyakit diabetes, lho! Hal ini dikarenakan obesitas atau kelebihan berat badan dapat mengganggu kerja metabolisme sehingga membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh Anda jadi tidak sensitif terhadap insulin dan berujung pada diabetes. 

Kedua, untuk mencegah penyakit diabetes, pastikan piring makan Anda selalu mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, ya! Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, serta mineral! Ayo, dukung Hari penyakit Diabetes Sedunia dengan menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda!

Cara ketiga untuk mencegah penyakit diabetes dan mendukung Hari Penyakit Diabetes Sedunia adalah dengan selalu memperhatikan asupan karbohidrat dan gula Anda. Hal ini disebabkan glukosa merupakan pecahan karbohidrat yang memengaruhi kadar gula darah. 

Pilihlah karbohidrat dengan indeks glikemik rendah seperti nasi merah untuk menghindari pemecahan glukosa terlalu cepat. Jangan lupa perhatikan asupan gula harian agar tidak berlebihan setiap harinya, ya Swipers! 

 

Informasi di atas merangkum penyakit diabetes dan Hari Penyakit Diabetes Sedunia yang akan dilaksanakan tidak lama lagi, Swipers! Untuk itu, ayo ikut berpartisipasi Hari Penyakit Diabetes Sedunia dengan mengetahui lebih dalam mengenai penyakit diabetes dan lakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit jangka panjang!

SwipeRx Belanja menyediakan sediaan obat-obatan diabetes dan obat-obatan lainnya dengan harga promo! Anda dapat men-download aplikasi SwipeRx di Google Play Store dan App Store dan nikmati promo gratis ongkir dan jaminan bebas stock out dari SwipeRx. Yuk klik di sini untuk mengetahui SwipeRx Belanja lebih lanjut!

Source: https://worlddiabetesday.org/

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy