Tugas Apoteker Penanggung Jawab yang Penting untuk Bisnis Apotek

Hai Swipers! Anda mungkin sudah familiar dengan sebutan “Apoteker”, yang merupakan seorang profesional di bidang kesehatan dan memiliki tugas untuk memberikan informasi penting mengenai obat-obat yang ingin konsumen konsumsi. Namun apakah Anda sudah familiar dengan sebutan “Apoteker Penanggung Jawab”?

Apoteker Penanggung Jawab (APJ) merupakan seorang apoteker yang memiliki tugas khusus untuk mengelola operasional apotek. Sangat penting bagi Anda yang ingin memulai bisnis apotek untuk mengetahui pentingnya Apoteker Penanggung Jawab. Dalam Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) Tahun 2015 tentang Apotek, disebutkan bahwa salah satu persyaratan untuk membangun apotek adalah seorang pemilik apotek harus memiliki tenaga apoteker sebagai penanggung jawab kegiatan operasional di apotek.

Sampai di sini, apakah Anda sudah mengetahui tugas Apoteker Penanggung Jawab dalam operasional suatu bisnis apotek? Jika belum, yuk simak artikel ini yang akan memberikan pemaparan tugas dari seorang apoteker penanggung jawab di dalam kegiatan bisnis apotek. 

Memastikan Ketersediaan Produk-Produk di Apotek

Swipers, ketersediaan produk yang ada di apotek sangatlah penting untuk menunjang kepuasan pelanggan apotek Anda. Jangan sampai pelanggan Anda sudah mengeluarkan effort untuk pergi ke apotek Anda, namun obat yang diinginkan tidak tersedia karena stok yang habis. Maka dari itu, salah satu tugas Apoteker Penanggung Jawab adalah menjamin ketersediaan produk yang akan dijual di apotek. Apoteker Penanggung Jawab pun harus dibekali dengan pengetahuan manajemen sediaan yang mumpuni dan efektif. Apoteker Penanggung Jawab pun harus mengecek stok obat-obatan dan produk kesehatan lainnya secara berkala.

Menetapkan Harga Produk yang Dijual di Apotek

Kedua, tugas Apoteker Penanggung Jawab adalah menentukan harga obat-obatan dan produk kesehatan lainnya yang akan dijual di apotek. Penentuan harga tentu menjadi salah satu hal penting dalam perjalanan bisnis apotek, karena harga yang tepat akan menciptakan permintaan yang maksimal dari konsumen apotek dan juga rekan bisnis apotek lainnya. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa penetapan harga menjadi faktor kunci bagi apotek untuk meraup keuntungan. Agar dapat menonjol dari kompetisi dengan apotek lain, seorang Apoteker Penanggung Jawab harus menetapkan harga yang menarik, namun tetap akan membawa keuntungan pada apotek. Sangat krusial ya peran Apoteker Penanggung Jawab dalam bisnis apotek!

Merancang Strategi Pemasaran Apotek

Ketiga, Apoteker Penanggung Jawab juga memiliki tugas untuk menetapkan strategi pemasaran apotek. Sangat penting bagi bisnis apotek untuk merencanakan strategi pemasaran apotek yang dapat menarik konsumen untuk berbelanja di apotek tersebut. Banyak sekali teknik pemasaran yang dilakukan oleh Apoteker Penanggung Jawab, seperti dengan membuat sosial media apotek, menyebarkan brosur dan membuat spanduk pada bangunan apotek, hingga meletakkan produk OTC (Over The Counter) pada lemari etalase apotek secara terstruktur.

Menetapkan Metode Penyimpanan Obat yang Efektif

Tugas Apoteker Penanggung Jawab lainnya adalah menetapkan cara penyimpanan obat yang paling efektif, agar keluar masuknya obat dapat berjalan dengan lancar. Kelancaran keluar masuknya obat-obatan tentu akan memperlancar transaksi jual beli obat-obatan di apotek. Terdapat beberapa metode penyimpanan obat yang biasanya dilakukan oleh Apoteker Penanggung Jawab, seperti First In First Out (obat yang datang pertama keluar paling pertama juga), First Expiry First Out (obat yang paling cepat kedaluwarsa yang diprioritaskan untuk keluar terlebih dahulu), dan penyimpanan berdasarkan abjad.

Memastikan Kualitas Pelayanan di Apotek

Terakhir, tugas Apoteker Penanggung Jawab adalah memastikan kualitas pelayanan pelaku bisnis apotek terhadap konsumennya. Kepuasan pelanggan suatu apotek memegang peranan penting dalam peningkatan produktivitas dan keuntungan apotek. Pelanggan yang puas dengan pelayanan dari suatu apotek tentunya akan melakukan pembelian obat-obatan dan produk kesehatan secara berulang atau melakukan repurchase, yang dapat mendongkrak keuntungan apotek Anda. Kepuasan pelanggan juga berperan penting dalam reputasi dari suatu usaha apotek. Maka daripada itu, Apoteker Penanggung Jawab harus memastikan bahwa pihak yang bekerja di apotek telah memberikan pelayanan yang prima pada konsumennya.

Nah Swipers, sudah tahu kan tugas Apoteker Penanggung jawab pada bisnis apotek. Untuk mengetahui tugas dari apoteker secara umum, Anda dapat klik di sini. Ternyata, Apoteker Penanggung Jawab juga memiliki peran untuk  memilih PBF yang berkualitas. Sudah ada ribuan apoteker yang mempercayakan SwipeRx Belanja untuk memenuhi kebutuhan sediaan apotek. Hanya dengan men-download aplikasi SwipeRx, apoteker dapat memesan obat-obatan dengan gratis ongkir dan jaminan bebas stock out! Tunggu apa lagi, download aplikasi SwipeRx di Google Play Store dan App Store sekarang! Klik di sini untuk mengetahui SwipeRx Belanja lebih lanjut.

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy