Ini Dia 5 Obat Kolesterol Tinggi Paling Ampuh dan Terlaris di Pasaran

Kolesterol adalah salah satu lemak yang berperan sebagai suatu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia, selain zat gizi lainnya seperti protein, vitamin, karbohidrat, dan juga mineral. Lemak kolesterol terdapat pada aliran darah dan juga sel tubuh, yang juga berperan untuk membentuk dinding sel dan juga bahan baku untuk memproduksi hormon. 

 Ternyata, kolestrol yang ada pada tubuh kita ada yang baik lho! Terdapat kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) yang merupakan kolesterol baik yang dapat membersihkan pengumpulan lemak yang terdapat pada dinding pembuluh darah menuju hati. Nilai kolesterol HDL yang ideal di atas 40 mg/dl untuk pria dan di atas 50 mg/dl untuk wanita.

Namun, ada juga kolestrol jahat yang berbahaya jika kadarnya berlebihan. LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan salah satu jenis kolesterol yang disebut sebagai kolesterol jahat. Jenis kolesterol ini dapat menumpuk di dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pada pembuluh darah kecil dari jantung menuju otak. Kolesterol LDL yang ideal berada di bawah angka 100 mg/dl. Kolestrol jahat dapat menjadi berbahaya jika kadarnya terlalu tinggi. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit stroke hingga jantung koroner.

Tentunya, sangat penting bagi Anda untuk menyediakan sediaan obat-obatan kolesterol, karena jenis obat ini termasuk ke dalam obat high demand atau tinggi permintaanya. Lantas, jenis obat kolesterol tinggi apa saja yang paling ampuh dan terlaris di pasaran? Setelah membaca artikel ini, Anda akan mengetahui lima obat kolesterol tinggi paling ampuh dan terlaris di pasaran. Yuk simak sampai habis, Swipers!

 

  • Atorvastatin 20 Mg

Jenis obat kolesterol tinggi paling ampuh dan terlaris pertama dalam daftar ini adalah Atorvastatin 20 mg. Atorvastatin 20 Mg memang biasa diresepkan kepada seseorang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi oleh dokter. Obat kolesterol tinggi ini termasuk ke dalam jenis obat untuk menghambat HMG-CoA, atau disebut sebagai statin. Obat ini dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, apo-B & trigliserida yang terdapat pada penderita kolesterol tinggi, hiperlipidemia kombinasi, serta hiperkolesterolemia familial heterozigot dan homozigot.

Obat ini hanya dapat dikonsumsi dengan resep dokter dan hanya untuk kalangan medis. Obat ini juga tidak dapat diberikan untuk pasien dengan alergi terhadap bahan-bahan dari obat Atorvastatin 20 mg, memiliki penyakit hati atau peningkatan serum transaminase yang melebihi 3 kali lipat dari batas normal, Ibu hamil, menyusui, dan juga wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi yang adekuat. Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan Atorvastatin 20 Mg, seperti sakit kepala, diare, mual, sakit perut, sembelit, insomnia, mialgia, artalgia, asthenia, anoreksia, muntah, malaise, kram otot, hingga miositis.

  • Simvastatin 10 mg

Simvastatin 10 mg menjadi salah satu obat kolesterol tinggi paling ampuh dan terlaris yang ada di pasaran. Simvastatin bekerja sebagai inhibitor kompetitif yang terdapat pada HMG-CoA, yang mana ini merupakan enzim yang mempercepat proses sintesis pada kolesterol. Melalui proses ini, kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL dapat menurun dan kadar LDL dalam darah pun akan meningkat. Obat ini termasuk ke dalam kategori obat sesuai dengan petunjuk dokter. 

Penggunaan obat Simvastatin 10 mg perlu diperhatikan oleh secara khusus oleh wanita yang sedang mengandung dan menyusui, hingga seseorang yang memiliki penyakit hati aktif atau peningkatan transaminase serum persisten yang tidak bisa diklasifikasikan. Simvastatin 10 mg pengonsumsiannya juga perlu mendapatkan perhatian khusus ketika dikonsumsi dengan inhibitor CYP3A4 yang kuat. Seseorang yang mengonsumsi obat kolesterol tinggi paling ampuh ini juga umumnya akan mengalami efek samping, seperti anemia, sembelit, sakit perut, diare, mual, hingga gangguan kekebalan tubuh.

  • Fenofibrate Hexpharm 100 mg

Obat kolesterol tinggi paling ampuh dan terlaris ketiga di daftar ini adalah Fenofibrate Hexpharm 100 mg. Obat ini mengandung fibrate yang dapat menurunkan tingkat gliserida dan juga meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Pada umumnya, Fenofibrate Hexpharm 100 mg diresepkan bersamaan dengan obat-obatan Statin untuk meningkatkan keefektifan dari obat ini. Maka dari itu, Fenofibrate Hexpharm 100 mg harus didapatkan dengan resep dokter.

Obat ini ditujukan secara langsung untuk penderita kolesterol tinggi, yang tidak cukup hanya diobati dengan tindakan lainnya. Setelah itu, penggunaan Fenofibrate Hexpharm 100 mg juga perlu perhatian secara khusus ketika ingin dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui, seseorang dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, dan seseorang dengan penyakit kantung empedu. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak dibawah umur. Obat yang tergolong dalam obat keras ini memiliki beberapa efek samping ketika digunakan, seperti reaksi alergi pada kulit, lelah, sakit kepala, nyeri otot, gangguan gastrointestinal, hingga peningkatan kadar enzim transaminase.

  • Crestor Rosuvastatin 20 mg 

Crestor Rosuvastatin 20 mg termasuk ke dalam daftar obat kolesterol paling ampuh dan terlaris yang ada di pasaran. Obat ini digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol dan juga asam lemak (trigliserid) di dalam darah untuk penderita hiperlipidemia (kondisi terlalu banyak lemak di dalam darah), yang memiliki resiko terserang penyakit kardiovaskular. Crestor Rosuvastatin 20 mg mengandung Rosuvastatin, yang termasuk ke dalam golongan obat statin atau HMG-CoA Reductase Inhibitor yang bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reductase. Ini merupakan salah satu enzim yang berperan aktif untuk membentuk kolesterol, sehingga kadar kolesterol jahat di dalam darah pun berkurang.

Obat ini perlu perhatian khusus ketika digunakan oleh wanita hamil dan menyusui, serta penderita penyakit hati aktif. Setelah itu, pengonsumsian obat ini tidak dapat dibarengi dengan konsumsi alkohol yang berlebihan, serta seseorang yang mengalami keluhan kram atau nyeri otot perlu segera berkonsultasi dengan dokter. Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan obat kolesterol tinggi ini, seperti sakit kepala, konstipasi, mual, dan pusing.

  • Pravastatin Novell 20 mg

Obat kolesterol tinggi paling ampuh terakhir di daftar ini adalah Pravastatin 20 mg. Obat dari pabrikan Novell ini berfungsi sebagai tambahan diet penderita hiperkolesterolemia primer dan campuran dislipidemia tinggi untuk mengurangi kadar -C, LDL-C, TG, dan Apo B. Seseorang yang ingin mengonsumsi Pravastatin 20 mg juga disarankan untuk berhenti merokok dan melakukan gaya hidup aktif dengan sering berolahraga, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Penderita penyakit hati aktif, serta wanita hamil dan menyusui perlu pengawasan secara khusus ketika mengonsumsi obat ini. Setelah itu, terdapat juga beberapa efek samping ketika penderita kolesterol tinggi mengonsumsi obat ini, seperti ruam kulit, nyeri pada dada, pusing, gangguan tidur, urinasi dengan pola yang tidak normal, memiliki rasa lelah, disfungsi seksual, hingga alopesia.

Nah Swipers, itu dia 5 obat kolesterol tinggi paling ampuh dan terlaris yang dapat Anda sediakan di apotek Anda. Jangan ketinggalan peluang ini karena obat-obatan di atas termasuk obat yang high demand atau banyak permintaanya. Tentu saja, 5 obat kolesterol tinggi paling ampuh dan banyak dibeli konsumen ini tersedia di aplikasi SwipeRx. Dengan fitur SwipeRx Belanja, Anda dapat membeli 5 obat kolesterol tinggi terlaris dan obat-obatan lainnya dengan gratis ongkir! Anda juga dapat mendapatkan untung lebih banyak karena SwipeRx Belanja sering sekali memberikan promo pada obat-obatan yang ingin Anda beli. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi SwipeRx Belanja di Google Play Store danApp Store! Klik di sini untuk mempelajari SwipeRx Belanja lebih lanjut.

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy