Ini Dia Perbedaan Obat Generik dengan Obat Paten

Halo, Swipers! Obat merupakan kebutuhan terpenting ketika Anda atau orang terdekat Anda ketika jatuh sakit. Untuk itu, obat menjadi salah satu barang yang wajib Anda miliki sebagai alat siaga saat sakit. Baik obat generik maupun obat paten, selalu sediakan obat di rumah Anda, ya Swipers! Tapi, tahukah Anda perbedaan obat generik dengan obat paten? Yuk simak artikel ini yang akan menjelaskan kepada Anda perbedaan obat generik dengan obat paten!

Apakah Itu Obat Generik dan Obat Paten?

Perbedaan obat generik dengan obat paten paling terlihat dari sisi harga. Obat paten dianggap oleh sebagian besar orang memiliki kualitas obat yang lebih baik dibandingkan obat generik karena harganya yang lebih mahal. 

Sebagai contoh, ketika seseorang sakit, ada kecenderungan untuk meminta dan mengonsumsi obat resep dokter dibandingkan obat generik yang dijual di farmasi. Padahal, kedua jenis obat ini memiliki bahan aktif yang serupa dan terbukti ampuh dalam melawan penyakit.

Pengertian dari obat generik sendiri adalah obat yang masa patennya telah habis sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa harus membayar hak paten. Walaupun begitu, obat generik terbilang memiliki efektivitas yang sama dengan obat paten dengan harga yang lebih murah. 

Perbedaan obat generik dengan obat paten, obat paten dipahami juga sebagai obat baru yang diproduksi dan dipasarkan di sebuah perusahaan farmasi yang telah memiliki hak paten setelah melalui rangkaian uji klinis oleh perusahaan tersebut. Sebab memiliki hak paten, obat ini tidak boleh diproduksi dan dipasarkan lagi oleh perusahaan farmasi lain tanpa izin pemilik paten. Kepemilikan ini juga berlangsung selama 

Apakah Obat Paten Lebih Baik dibandingkan Obat Generik?

Dari perbedaan obat generik dengan obat paten dalam sisi pengertian, apakah obat paten lebih baik dibandingkan obat generik? Sejatinya, biaya untuk pengembangan obat baru sangat mahal. Oleh sebab itu, hal ini yang menjadi salah satu faktor harga obat paten jauh lebih tinggi dibandingkan obat generik.

Setelah 20 tahun masa paten berakhir dan tidak diperpanjang, berbagai perusahaan farmasi dapat mengajukan permohonan izin untuk memproduksi dan menjual obat paten dalam bentuk obat generik dengan bahan pembuatan yang sama. 

Hal ini wajib dibuktikan dan dipastikan dengan mempertahankan bentuk (cair, pil, kapsul, suntik, topikal), konsentrasi, dan dosis yang sama seperti obat paten yang diajukan haknya. Oleh sebab itu, sebenarnya tidak ada perbedaan obat generik dengan obat paten.

Ketentuan di atas juga disyaratkan oleh Food Drugs and Administration, bahwa obat versi generik harus murni dan stabil seperti layaknya obat paten. Hal yang membedakan, walaupun bahan aktif obat generik harus sama dengan bahan aktif yang digunakan untuk obat paten, obat generik diperbolehkan untuk mengandung bahan tidak aktif yang tidak serupa seperti pengawet. Selain itu, perbedaan obat generik dengan obat paten ada pada warna dan ukuran pada obat generik yang sengaja dibuat terlihat berbeda untuk mencegah keserupaan dua jenis obat.

Hal ini membuktikan, alasan terdapat perbedaan obat generik dengan obat paten dari sisi harga adalah karena produsen obat generik tidak perlu melakukan uji laboratorium dan klinis selama bertahun-tahun seperti obat paten. Dengan biaya produksi lebih rendah, maka produsen obat generik juga dapat menjualnya dengan biaya yang jauh lebih murah. 

 

Nah, sudah tahu kan Swipers perbedaan obat generik dengan obat paten? Ingat, hanya karena harga yang lebih murah, bukan berarti kualitas obat generik tidak sebaik obat paten, ya Swipers. Efektivitas kedua jenis obat ini juga serupa jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat sesuai kondisi tubuh Anda. 

SwipeRx dapat menjadi sahabat apotek yang secara aktif menjual obat-obatan generik dan paten. Dengan fitur SwipeRx Belanja, Anda dapat memenuhi sediaan apotek Anda dengan harga promo! Anda juga dapat meraih cuan lebih banyak, karena SwipeRx Belanja memberikan jaminan gratis ongkir dan bebas stock out! Yuk download aplikasi SwipeRx di Google Play Store dan App Store. Klik di sini untuk mengetahui SwipeRx Belanja lebih lanjut. 

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy