3 Investasi Keuangan Risiko Rendah untuk Meningkatkan Omzet Usaha Apotek Anda

Hai, Swipers. Dalam dunia usaha, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan omzet usaha yang sudah diraih. Cara tersebut ada yang berisiko rendah (low risk) dan ada juga yang berisiko tinggi (high risk).

Untuk Anda yang memiliki usaha apotek, Anda dapat mencoba untuk memaksimalkan omzet usaha apotek Anda dengan melakukan investasi risiko rendah atau low risk investment. Dengan melakukan investasi dengan risiko rendah, maka Anda berkesempatan untuk meningkatkan omzet usaha apotek yang sudah Anda dapatkan. Namun ingat ya, Swipers. Meskipun risikonya rendah, tetapi investasi risiko rendah tetaplah memiliki risikonya sendiri.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui 3 jenis investasi keuangan risiko rendah yang dapat Anda coba untuk meningkatkan omzet usaha apotek Anda. Simak sampai habis ya, Swipers!

Reksa Dana

Investasi keuangan pertama yang dapat meningkatkan omzet usaha apotek Anda adalah reksa dana. Pengertian dari reksa dana adalah suatu wadah untuk menghimpun dana yang dikelola oleh badan hukum dengan nama manajer investasi, yang kemudian akan diinvestasikan ke dalam bentuk surat berharga, seperti obligasi, saham, dan instrumen pasar uang.

Ketika menggunakan reksa dana sebagai instrumen investasi, Anda akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga sampai dengan 4% per tahunnya. Lumayan sekali kan, Swipers?

Untuk membeli reksa dana sebagai cara untuk meningkatkan omzet usaha apotek, Anda dapat melakukan pembelian reksa dana secara langsung ke perusahaan manajer investasi yang menerbitkan dan mengelola reksa dana melalui bank. 

Setelah itu, pembelian reksa dana juga membutuhkan data-data seperti KTP/SIM, dan juga Nomor Pokok Wajib Pajak. Setelah itu, Anda juga harus melalui proses KYC (Know Your Customer) dengan perusahaan penyedia jasa manajer investasi secara langsung ataupun virtual (e-KYC).

Obligasi Pemerintah

Cara kedua untuk meningkatkan omzet usaha apotek Anda melalui investasi adalah dengan membeli obligasi pemerintah. Obligasi sendiri merupakan surat berharga yang diedarkan oleh pemerintah, korporasi, ataupun lembaga lain untuk mendapatkan pendanaan.

Yang menarik dari obligasi pemerintah adalah akan didapatkannya imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito dengan jangka waktu serupa. Obligasi juga menawarkan imbal hasil secara berkala selama jangka waktu obligasi. Obligasi juga dapat dijual kapanpun sebelum jatuh tempo sehingga instrumen investasi ini lebih fleksibel.

Terdapat dua jenis produk obligasi pemerintah yang ditawarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yaitu Seri Obligasi Ritel Pemerintah dan juga Seri Sukuk Ritel Pemerintah. 

Anda dapat membeli surat berharga pemerintah ini melalui sistem digital seperti investment application, mobile banking application, dan juga bank-bank yang bermitra dengan pemerintah untuk menjual obligasi pemerintah.

Deposito

Selain menggunakan cara-cara yang disebutkan sebelumnya, deposito juga dapat menjadi instrumen investasi untuk meningkatkan omzet usaha apotek Anda. Deposito merupakan simpanan yang pencairannya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan juga dengan waktu-waktu tertentu.

Deposito dapat dicairkan setelah jangka waktu berakhir. Setelah itu, deposito yang akan jatuh tempo juga dapat diperpanjang secara otomatis atau dengan sistem Automatic Roll Over (ARO). Deposito juga dapat diinvestasikan dengan mata uang rupiah maupun dengan mata uang asing.

Per tahun 2022, suku bunga deposito berada pada angka 1,9% sampai dengan 2,5%. Namun, Anda juga dapat meraih bunga yang lebih besar jika menaruh uang di deposito bank digital. Anda akan mendapatkan bunga dari 4% sampai dengan 6% jika menabung di deposito bank digital. Cuan banget kan, Swipers!

 

Nah Swipers, itu dia 3 investasi keuangan dengan risiko rendah yang dapat meningkatkan omzet apotek. Yuk berinvestasi dengan metode investasi keuangan di atas, untuk membuat omzet apotek yang anda raih dapat tumbuh dan tidak hanya menjadi uang diam saja.

Anda juga dapat meningkatkan omzet usaha apotek Anda dengan menggunakan aplikasi SwipeRx. Dengan menggunakan fitur SwipeRx Belanja, Anda dapat memenuhi kebutuhan sediaan apotek dengan diskon gede-gedean! 

Anda juga akan mendapatkan promo gratis ongkir dengan minimum belanja Rp100.000 saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi SwipeRx di Google App Store dan App Store sekarang. Klik di sini untuk mengetahui aplikasi SwipeRx Belanja secara lebih lanjut. 

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy