Teknik Merchandising ini Bisa Meningkatkan Omzet Apotek Anda!

Halo, Swipers. Merchandising merupakan keseluruhan aktivitas perencanaan, pemesanan, penyusunan, pemasaran, pengaturan, hingga pengisian kembali suatu barang di dalam suatu usaha. Tentu saja, merchandising dapat dikatakan sebagai tulang punggung dari berjalannya suatu bisnis apotek. Seorang merchandiser di dalam usaha apotek harus memiliki taktik untuk membuat merchandising berjalan dengan lancar di dalam suatu usaha apotek, sehingga hal ini pun akan meningkatkan omzet usaha apotek.

Ternyata, ada beberapa teknik merchandising yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan omzet usaha apotek Anda, lho! Setelah membaca artikel ini sampai habis, Anda akan mengetahui 3 teknik merchandising yang tentunya dapat mendongkrak cuan dari apotek Anda!

Menentukan Diferensiasi Usaha Apotek Anda

Swipers, Untuk meningkatkan omzet apotek, Anda dapat mulai melakukan diferensiasi usaha. Ini merupakan serangkaian cara kreatif yang dapat Anda lakukan untuk membedakan usaha apotek Anda dengan apotek lain yang berada di sekitar Anda. Dengan melakukan diferensiasi, maka konsumen akan lebih tertarik untuk datang ke apotek Anda dibandingkan dengan apotek kompetitor Anda.

Secara lebih lanjut, terdapat tiga manfaat utama jika Anda melakukan diferensiasi usaha apotek, seperti menciptakan brand yang positif, menjadi apotek yang unggul di tengah persaingan bisnis dengan apotek lainnya, dan agar apotek Anda menjadi lebih diingat.

Untuk melakukan diferensiasi pada usaha apotek Anda, pertama-tama Anda perlu memberikan pelayanan terbaik pada konsumen apotek Anda. Kualitas pelayanan konsumen di apotek Anda menjadi hal yang krusial pada keputusan pelanggan untuk berbelanja kembali. Kedua, Anda dapat menjalin kerja sama dengan dokter atau klinik di sekitar Anda. Kerja sama tersebut dapat memperkuat posisi apotek Anda di tengah persaingan dengan apotek lainnya.

Dengan menjalin kerja sama dengan dokter dan klinik, maka produk yang dijual di apotek Anda menjadi lebih lengkap, dan Anda akan mengetahui obat-obat apa yang biasanya diresepkan pada praktik dokter atau klinik. Terakhir, Anda dapat melakukan digitalisasi di berbagai aspek, seperti digitalisasi pada metode pembayaran, dan juga manajemen sediaan dengan sistem Point of Sale (POS). Untuk mengetahui diferensiasi usaha lebih lanjut, Anda dapat klik di sini.

Lakukan Analisis Market

Teknik merchandising lainnya yang dapat Anda terapkan pada usaha apotek Anda adalah melakukan analisis market di sekitar Anda. Khususnya untuk seseorang yang baru ingin memulai usaha apotek, Anda dapat mulai melakukan analisis area-area potensial yang dapat memasok konsumen ke apotek Anda.

Terdapat tiga area potensial yang dapat meningkatkan omzet apotek Anda. Yang pertama adalah fasilitas kesehatan. Apotek yang dekat dengan fasilitas kesehatan tentu akan sangat menguntungkan karena akan tercipta kerja sama pembelian obat antara apotek dengan fasilitas kesehatan. Area publik juga merupakan tempat yang potensial untuk membuka usaha apotek karena tingginya aktivitas di area tersebut. Ketiga, area tempat tinggal menjadi area yang paling potensial dan dipilih oleh banyak pengusaha apotek untuk menjalankan usaha apotek. Apotek yang berlokasi di area tempat tinggal memiliki permintaan pembelian obat yang tergolong tinggi. Wah menarik ya, Swipers!

Jalin Kerja Sama dengan Organisasi

Strategi merchandising lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan omzet apotek usaha apotek Anda adalah dengan menjalin kerja sama dengan organisasi yang berada di sekitar apotek Anda. Kerja sama dengan organisasi akan sangat menguntungkan, karena transaksi jual beli obat-obatan dilakukan dalam skala yang besar.

Contoh organisasi yang dapat Anda kerja samakan adalah perusahaan dan lembaga. Khususnya pada masa Pandemi COVID-19 ini, perusahaan gencar sekali membeli obat dan suplemen dalam skala yang besar untuk diberikan ke masing-masing karyawan atau Anggota. Jangan lupakan juga kekuatan dari komunitas yang memiliki banyak anggota, seperti komunitas bersepeda, komunitas tari, dan lain-lain. Anda dapat memasarkan obat-obatan dan suplemen di apotek Anda kepada komunitas tersebut untuk meningkatkan omzet apotek Anda.

Bagaimana Swipers? Sudah tau kan strategi merchandising apa saja yang bisa meningkatkan omzet usaha Apotek Anda. Untuk mengetahui strategi merchandising untuk apotek secara lebih lanjut, Anda dapat menonton episode Di Manapun Lokasi Apotekmu Bisa Tetap Cuan Asal Tahu Taktik Merchandising Ini di kanal YouTube Swiperx Indonesia. Video ini berada pada segmen Swipreneur, yang akan membekali pemilik apotek maupun Apoteker dengan beragam ilmu untuk mengembangkan bisnis apotek Anda. Jangan ketinggalan informasi dan tips yang akan mengembangka0n usaha apotek Anda di Swipreneurs, ya!

Anda juga dapat meningkatkan omzet usaha apotek Anda dengan aplikasi SwipeRx! Dengan fitur SwipeRx Belanja, Anda bisa memesan stok obat-obatan dengan gratis ongkir dan jaminan bebas stock out! Berbelanja kebutuhan apotek hanya dengan sentuhan jari. Yuk download aplikasi SwipeRx di Google Play Store dan App Store. Klik di sini untuk mengetahui SwipeRx Belanja lebih lanjut. 

Berlangganan Newsletter

SwipeRx Academy